;

Kamis, 26 Juli 2012

EKSTRAKURIKULER BERKARAKTER

Kamis, 26 Juli 2012


S
alam sigmania !! on this time.. kita akan membahas tentang kegiatan yang bakal kalian ikuti khususnya untuk siswa kelas X. Kali ini kita berkesempatan untuk mewawancarai Bapak. Drs. Bambang  Dwi Astanto selaku Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan. Beliau akan membahas mengenai apa sih tema  ektrakurikuler tahun ini?? penasaran Langsung aja yuuk kita  simak wawancara berikut :
Sebenarnya, apa maksud dari ekstrakurikuler itu?? Dan tema untuk tahun ini apakah tetap sama dengan tahun lalu “berkarakter” atau dirubah??
Ekstrakurikuler adalah kegiatan diluar jam pelajaran untuk menunjang pencampaian kurikulum, meningkatkan apresiasi dan penghayatan seni, menumbuhkan sikap berbangsa dan bernegara, mengembangkan jiwa semangat nilai-nilai 45 dan serta meningkatkan kesegaran jasmani.
“untuk tahun ini tetap pada program ekstrakurikuler berkarakter” tutur beliau.
Kegiatan ekstrakurikuler berkarakter merupakan pengamalan aspek-aspek tersebut diatas pada kegiatan sehari-hari di lingkungan sekolah.
Ekskul berkarakter merupakan salah satu sarana pendidikan berkarakter, ada 4 bentuk pendidikan berkarakter yaitu siswa santun berkehidupan dirumah/keluarga, siswa santun berkehidupan di masyarakat, siswa santun berkehidupan di jalan dan siswa santun berkehidupan di sekolah.
Jadi, ekstrakurikuler berkarakter adalah salah satu wujud realisasi dari pendidikan berkarakter. Dalam pendidikan berkarakter  berdasarkan 3S yaitu senyum, salam dan sapa. Yang telah sukses diterapkan di sekolah kita, oleh karena sekolah kita mencanangkan kegiatan ekstrakurikuler berkarakter  yang merupakan ekstrakurikuler wajib yang harus diikuti oleh siswa dalam rangka menumbuhkan sikap siswa yang berkarakter santun,disiplin, dan tertib pastinya.
menurut wacana Bapak Bambang Dwi Astanto, Kegiatan wajib tahun ini agak berbeda dengan kegiatan wajib tahun lalu, karena pelaksanaannya akan dilaksanakan setelah jam pelajaran selesai agar siswa merasa masih punya tanggung jawab untuk mengikutinya dan tahun ini ekstrakurikuler terdiri dari bermacam-macam ekskul, tidak sekedar  5 ekskul wajib tapi bisa lebih karena bertujuan untuk penguatan di bidang jurusan masing-masing dengan di seleksi, misalnya di jurusan TKJ nanti ekskulnya berupa membuat Blog atau lainnya yang berhubungan dengan jurusannya. So, tahun ini ektrakurikuler wajib tersebut antara lain English Club, Pramuka, PBB, PKS, Bola Volley , wartawan siswa dan ekskul sesuai dengan jurusan masing-masing.
Kegiatan apa saja yang diadakan oleh masing-masing ekstrakurikuler ?
            English Club adalah kegiatan untuk mengasah kemampuan siswa berkomunikasi dalam bahasa Inggris secara aktif maupun pasif. Mengingat SMK N 2 Surakarta adalah sekolah RSBI yang dituntut untuk mampu menggunakan 2 bahasa atau Bilingual.
             Pramuka sudah dijadikan ekskul wajib sejak tahun-tahun yang lalu karena pramuka memiliki dasar Tri Satya dan Dasa Dharma yang semua poinnya sapat membentuk siswa yang berkarakter diantaranya santun, disiplin, dan tertib sehingga diharapkan siswa yang mengikuti ekstrakurikuler ini mampu menjadi siswa yang unggul.
            PBB adalah kegiatan mengenai pelatihan baris-berbaris dasar, tat upacara bendera, dan kediplinan. Maka diharapkan siswa mampu menjadi disiplin, tertib, bertanggung jawab, dan memiliki rasa kekompakkan. Dan semua itu ditampung dalam sebuah organisasi yaitu WPS (Wira Paksi SAkti)
            PKS salah satu ekstrakurikuler yang mengajarkan siswa tentang ketertiban. Tidak hanya ketertiban dijalan raya tetapi juga di lingkungan sekolah sehingga diharapkan siswa memiliki tanggung jawab dan berpartisipasi untuk mematuhi tata tertib sekolah dan mendukung pelaksanaannya.
            Sedangkan bola volley siswa diharapkan memiliki keahlian dibidang kebugaran jasmani. Dalam kegiatan ini akan dilatih menjadi siswa yang memilki kedisiplinan dan ketertiban tinggi layaknya atlet, bahkan ditutup kemungkinan siswa juga bisa menjadi atlet volley  bagi yang memiliki skill tinggi.
            Lalu bagaimana dengan pelaksanaan ekstrakurikuler tersebut?
            Setiap siswa akan diberi kesempatan untuk memilih salah satu dari rangkaian 5 atau lebih ekskul wajib tersebut. Kelima kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada hari yang bersamaan dan akan diampu oleh pelath dari luar sekolah maupun dalam sekolah yang sudah diakui kemampuannya dalam melatih siswa sesuai dengan bidangnya. Namun, selain itu kegiatan tersebut juga akan didampingi oleh pembina dan bagian dari OSIS. Setiap kegiatan juga harus memiliki kurikulum sehingga perkembangannya terarah.
            Itu tadi wawancara yang kami lakukan sigmania dengan Bapak. Bambang, so.. buat siswa kelas X, jangan lupa untuk mengikuti ekstrakurikuleer berkarakter itu yaa... karena banyak sekali manfaat yang dapat kalian petik, supaya kalian bisa menjadi siswa seperti yang diharapkan oleh sekolah tercinta kita ini SMK N 2 Surakarta. (wij)


TULISAN BERJALAN INI SILAHKAN DIISI DENGAN PESAN ANDA

NAMA ANDA - 21.45
MASUKKAN TOMBOL TWEET DISINI

0 komentar:

Posting Komentar